Februari 15, 2008

Global warming? What's that? Something like sea food..? hehe
Global warming atau pemanasan global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfir, laut, dan daratan bumi. Ya namanya juga pemanasan global, jadi yang mengalami 'pemanasan' bukan cuma kompor nyala doank. Bumi menghadapi pemanasan yang sangat cepat, yang oleh para ilmuwan n banyak pihak dianggap disebabkan oleh ulah manusia sendiri.

Maksudnya gimana tuh, kok bisa terjadi? Emang penyebabnya apa siy, pake nyalahin manusia segala...

Ehm, penyebab utamanya adalah dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batubara,

minyak bumi dan gas alam, yang melepaskan CO2 dan juga gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas tersebut, maka semakin semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas matahari yang dipancarkan ke bumi. Truz yang pake semua itu kan manusia, bukan kambing, kerbau, cacing, atau apalah.

Nah efek rumah kaca tu apa???

Gini nih, energi yang menerangi bumi datang dari matahari. Sebagian besar energi yang membanjiri planet kita ini adalah radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini mengenai permukaan bumi, akan memantulkan kembali sebagian dari panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar, walaupun sebagian tetap terperangkap di atmosfer bumi. Gas-gas tertentu di atmosfer termasuk uap air, karbondioksida dan metana menjadi perangkap radiasi ini. Gas-gas ini menyarap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan bumi. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca dalam rumah kaca sehingga gas-gas ini dikenal sebagai gas rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya. Semua kehidupan di bumi bergantung pada efek rumah kaca ini, karena tanpanya, planet ini akan sangat dingin sehingga es akan menutupi seliruh permukaan bumi. Akan tetapi, bila gas-gas ini semakin berlebih di atmosfer, akibatnya adalah pemanasan bumi yang terus berlanjut.

Oooo...gitu...(sambil ngangguk-ngangguk)

0 komentar: